Network Monitoring System : Paessler Router Traffic Grapher ( PRTG )

Posted: March 13, 2014 in NMS
Tags: , ,

PRTG

Yak, ini baru yang namanya “real” network monitoring, dibandingin sama VNC and TeamViewer yang cuma remote2 doang, kalau ini baru monitoring Network kita. Fasilitas nya cukup bagus dan banyak, monggo kalo mau lebih dalem, tapi ane disini haya kasih info standar nya aja yak.😀

Paessler Router Traffic Grapher atau sering disebut PRTG itu yaa dilihat dari namanya aja buat nge-Grapher Traffic Router wakakaka.

Ya inti nya gitu, jadi aplikasi ini bisa secara “live” memonitoring apa aja yang ada di jaringan kita, contoh nya switch, router, Host, dan lain lain

Syarat utama untuk menggunakan PRTG yaitu Mengenable kan SNMP pada tiap device yang mau di monitoring.

Perhatiin Topology berikut :

pc new

Nah disini saya akan menggunakan Switch Cisco 3560 tapi hanya untuk memforward aja, gak digunain layer 3 nya, jadi cuma buat enable SNMPnya aja disana, abis itu ke mikrotik, dari mikrotik ke modem ADSL Speedy, lanjut internet.

Pertama kita Enable SNMP tiap Device nya, contoh disini cara enable Device Cisco, Mikrotik, dan Modem Speedy nya :

SNMP Switch Cisco 3560

Nah ini cara untuk enable SNMP nya, disini kita samain SNMP nya IDN semua maksud nya rw itu ( read write, default nya ro (read only )

snmp mikrotik

Kalau mikrotik step nya pertama ke IP > SNMP > Enable. kalau belom ada communities buat dulu, IDN, kalau mau RW centang Write nya, kalau udah oke tinggal yang speedy

SNMP ADSL

Nah kalau yang speedy, kita tinggal masuk ke web config nya (default : 192.168.1.254 ), setelah itu pilih bagian Access Management > SNMP > Activated isi 2 2 nya IDN.

Kalau Udah jadi, pastiin udah bisa connect dari PC ke internet melalui Switch > Mikrotik > Modem > Internet

Kalau udah di setting dengan benar, barulah kita login di PRTG server nya.

default-prtg

Default tampilan nya hanya ada Komputer kita saja, komputer nya saya beri nama Server.

Nah sekarang mari kita buat Device yang lain seperti Switch, Mikrotik, Modem.

Di bagian bawah ada pilihan untuk menambahkan Device, Grup, Sensor

Kali ini kita buat Grup dulu biar terlihat rapi.

add

 di local
Kita membuat Group nya di parent apa ? kalau misal nya Local Probe, pilih Local Probe

nama grup nya
Setelah itu kita beri nama untuk Group nya, misal nya disini kita menamakan Router

router siap

Yak, kalau udah jadi kita langsung Add Device aja.

ip mikrotik nya bos

Nah di bagian ini yang harus di perhatiin ada 4.
1. Nama Device nya
2. IP pada Device nya pada topology di atas kita bisa isi 192.168.2.1 atau 192.168.1.3
3. Automatic Device Identification ( biar dia cari sendiri sensor nya pada device itu )
4. Nah ini yang penting, yang tadi kita udah buat yaitu SNMP, tinggal ganti aja Community yang default nya “public” jadi ID

Kalau udah lanjut.
lagi proses auto discovery dia
Lagi proses auto-discovery dia, tunggu aja. Tergantung kadang cepet kadang lama, based on PC nya juga😀

sambil nunggu discovery, kita setting switch aja biar lebih hemat waktu😀

Kalau tadi router, sekarang switch. Sama kayak awal, kita buat Group dan Add Device,

idn-switch

Jangan lupa buat di Automatic Discovery sama Isi SNMP nya IDN yang di buat di Switch yang command #snmp-server community IDN rw

Tungguin discovery nya. . .

discovery done

Nah kalau udah kelar, nanti bakalan banyak sensor nya yang ketauan, Ada ping, ada HTTPS, Ether3, WLAN, DNS dan lain2

Nah yang modem ADSL speedy juga, kita buat group baru yang bernama Modem Speedy, tapi nanti di bagian IP nya kita kasih 192.168.1.254 soal nya IP nya yang menuju lan192.168.1.254

modem speedy

Isi IP nya 192.168.1.254, di Autmatic device indentification, dan terakhir SNMP nya jangan lupa di set jadi IDN

modeom oke

Kalau udah ditungguin discovery nya, nanti kedeteksi melalui sensor ping, dns dan lain2. . .

Kalau kita mau menambahkan DNS misal nya ada 4 DNS yang mau kita set pada PC client, maka bisa di monitor, kadang mati salah satu, yang mana yang idup, jadi make itu. Gitu krurang lebih.

Buat Grup > Add Device > Masukin IP nya ( 8.8.8.8 for DNS 1 and 8.8.4.4 for DNS 2 ) > Automatice Identically > Continue

Karena DNS tidak bisa di set SNMP, maka tidak usah di otak – atik SNMPnya

dns maker

Selain DNS, mari kita buat juga website. Jadi kita tahu saat website down, google down, youtube down ( walaupun jarang banget :p ), misal nya ID-Networkers down, blog OkyTria down ( jadi promosi :v ), nanti ada Alertsnya .

Step – by – Step nya sama aja.

Add Group > Kasih Nama Website > Add Device > Nah biasa nya kasih IP, nanti kasih nama web nya misal nya http://www.google.com > Oke.

Begitu juga denga yang LAN nyak. Kalau udah semua nanti jad i kayak gin :

joss

Kalau tadi kita mendeteksi sensor tiap device nya melalui SNMP, sekarang kita coba pilih router dan pilih PPOE nya untuk melihat traffic nya.

prtg traffic

Nah dapat dilihat traffic in dan traffic out nya, mungkin itu aja buat PRTG nya.

😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s