Network Monitoring System : MyLanViewer

Posted: March 12, 2014 in NMS
Tags: , , , ,

 all

Nah ada lagi nih aplikasi monitoring yang berguna buat seorang Network Admin atau NOC Engineer, namanya MyLanViewer, keliatan nya simple tapi berguna banget lho, jadi aplikasi ini berguna untuk search “neighbor” yang masih dalam 1 local area network. Aplikasi ini menampilkan MAC Address, IP Address, Operating System, HostName, Workgroup, Logon User, Sharing File,  , Vendor NIC nya,  tiap device, router, pc yang berada pada 1 lan sama kita.

Kelebihan aplikasi ini dibanding yang lain yaitu, aplikasi ini tidak mengharuskan semua PC untuk menginstall nya di PC tersebut, berbeda dengan VNC dan TeamViewer yang mengharuskan tiap PC yang mau di remote untuk menginstall aplikasi di tiap device nya.

Nah tuh dapat dilihat tiap device yang berada 1 network dengan PC ini, lengkap data nya baik IP Address nya, MAC nya, vendor nya, dan yang lain nya.

telnet

Selain itu kita bisa cari specific file dari semua jaringan LAN, kalau kita mau mencari suatu file tinggal ketik nama file nya, dan dia akan mencari dengan sendirinya.

Cara gunain nya, di kotak search nya tulis nama file yang ingin di cari di seluruh LAN beserta dengan ekstensi nya ya. Tapi kalau mau cari semua file dengan ekstensi tertentu dapat menggunakan *.exe ( untuk aplikasi ), *.png ( untuk gambar ), dan yang lain nya.

Maksud dari command itu yaitu * ( semua file) yang .exe ( berekstensi .exe ) gitu.

wifi subnetting

Selain dari 2 fitur di atas, untuk management wifi kita juga dapat melihat tiap interface yang koneksi melalui Wifi, sudah berapa lama dia Bound nya, First time nya kapan, MAC Address, IPv4, IPv6 dan yang lain nya.

Mungkin itu aja untuk MyTeamViewer, untuk NMS yang lain harap ditunggu eak. 😀

Leave a comment