Lab11. EIGRP – Summary Address

Posted: January 30, 2014 in Cisco, EIGRP
Tags: , ,

Konfig Dasar EIGRP

Okeeee balik lagi cuy, kemaren langsung longkap ke redistribute karena masih bingung sama summary, sekarang mah dah ngarti haha oke langsung aja yak. sekarang ane mau kasih tutorial menggabungkan atau mengelompokkan dari beberapa IP jadi 1 aja. Contoh disini di R1 akan di buat loopback banyak dari lo1 sampai l07, nah itu nanti di kelompokin yang tadi misal nya di routing table nya ada 1 sampai 7, nah kalo ini dibikin “simple” jadi 1 aja biar gak ribet ayo langsung praktekin cuy.

Pertama kita buat loopback 1 sampai 7 nya di R1. . .

R1
interface Loopback0
ip address 1.1.1.1 255.255.255.255

!
interface Loopback1
ip address 10.0.0.1 255.255.255.255
!
interface Loopback2
ip address 10.0.0.2 255.255.255.255
!
interface Loopback3
ip address 10.0.0.3 255.255.255.255
!
interface Loopback4
ip address 10.0.0.4 255.255.255.255
!
interface Loopback5
ip address 10.0.0.5 255.255.255.255
!
interface Loopback6
ip address 10.0.0.6 255.255.255.255
!
interface Loopback7
ip address 10.0.0.7 255.255.255.255

Kalo udah di advertise ke EIGRP nya. . .

R1
router eigrp 1
network 1.1.1.1 0.0.0.0
network 10.0.0.1 0.0.0.0
network 10.0.0.2 0.0.0.0
network 10.0.0.3 0.0.0.0
network 10.0.0.4 0.0.0.0
network 10.0.0.5 0.0.0.0
network 10.0.0.6 0.0.0.0
network 10.0.0.7 0.0.0.0
network 12.12.12.1 0.0.0.0
no auto-summary

Jangan lupa no auto-summary kalo auto-summary nanti kegabung otomatis cuy. . .

Nah di masukin command summary address di INTERFACE s0/0 nya yang di R1

R1
interface Serial0/0
ip address 12.12.12.1 255.255.255.0
ip summary-address eigrp 1 10.0.0.0 255.255.255.248 5
clock rate 2000000

Cek di R1 nya show ip rou

Loopback 1 -7

Nah udah dibuat ip loopback and dah di redistribute ke EIGRP dah nongol dia, nah sekarang kita buat Summary nya dengan cara :

R1(config-if)# ip summary-address eigrp 1 10.0.0.0 255.255.255.248
(248 maksud nya mau dijadiin berapa, kalo 248 kan prefix /29 jadi ip address yang bisa di kelompokin max 8 )

Summary di R3

Nah kalo di cek di R3, untuk ip loopback 1 – 7 udah di gabungin menjadi 1 yaitu 10.0.0.0 /29 ( 255.255.255.248 )

Okeee udah ngarti kan ?

Gak ngerti nanya aje. . .

Feel Free to Ask !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s